Selasa, 21 Juni 2016

Lab.Teknik II. Pertemuan 12

MAIL SERVER

Mail server adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, sedangkan web mail adalah aplikasi untuk membuka dan mengirim email berbasis website seperti yahoo dang mail. Untuk mengistal web server kita membutuhkan aplikasi postfix, couriel-imap, dan squirrelmail. Untuk mengistalnya ketikan saja apt-get install postfix



Install Postfix

Pada konfigurasi postfix pilih internet site. Ini digunakan agar ketika kita konfigurasi dengan ip public dapat terhubung ke internet.

Konfigurasi Postfix

Kemudian masukan mail system disini kita memakai namalabtk.slm. maka nanti user yang menggunakan email akan bernama user@labtk.slm.  
Konfigurasi nama sistem

Pada tahap selanjutnya adalah mengintalasi courier imap. Courier imap ini sebagai service pop3 sebagai penerima email.
Install courier-imap

Langkah selanjutnya adalah mengistal squirrelmail. Squirrelmail ini adalah web mail yang bertugas sebagai interface untuk mengirim dan menerima email. Untuk menginstalnya ketikan saja perintah apt-get install squirrelmail.

Install squirre mail

Langkah berikutntya kita harus membuat direktori penyimpanan email. Kita buat di etc/skel/Maildir. Jangan sampai salah penulisan Maildir. Kemudian konfigurasi file postfix pada direktori etc/postfix/main.cf

Konfigurasi direktori & main.cf

Pada baris paling bawah paling bawah tambahkan baris home_mailbox = Maildir/. Ingat jangan sampai salah penulisan Maildir

Konfigurasi Postfix

Setelah itu kita lakukan konfigurasi ulang atau penyempurnaan postfix dengan perintah dpkg-reconfigure postfix.

Reconfigure Postfix

Ikuti tahapan selanjutnya

Konfigurasi ulang 1

Konfigurasi ulang 2

Konfigurasi ulang 3

Konfigurasi ulang 4

Konfigurasi ulang 5

Konfigurasi ulang 6

Konfigurasi ulang 7

Konfigurasi ulang 8

Konfigurasi ulang 9

Setelah konfigurasi selesai lakukan konfigurasi apache2 dgan mengetikan perintah nano /etc/apache2/apache2.conf

Konfigurasi apache2

Pada baris paling bawah tambahkan perintah Include /etc/squirrelmail/apache.confperintah ini bertujuan agar squirrelmail ini terbaca oleh web server. Karena squirrel ini aplikasi yang berbasis website. 

Konfigurasi squirrelmail

Setelah itu buat beberapa account user. Disini penulis membuat dua buah userbaru yaitu saridewi dan ahmad fauzi. Ketikan saja adduser saridewi. Begitu pula untuk user ahmadfauzi(tanpa spasi).

Adduser

Kemudian restar service postfix,courier-imap dan apache.

Restart Postfix

Restart imap dan apache2

Setelah konfiguasi mail server sudah selesai. Langkah berikutnya adalah mengetesnya pada komputer client. Pada komputer client buka web brouser kemudian ketikan ip address / domain server diikuti /squirrelmail. 192.168.10.1/squirrelmail. Kemudian login dengan menggunakan user ahmadfauzi atau lainnya. 
Login email

Pada gambar dibawah kita akan mencoba mengirimkan pesan kepada user saridewi@labtk.slm.

Send email

Alhasil adalah jika sukses. Maka anda login lagi dengan nama saridewi kemudianlihat pada inbox. Akan ada pesan yang dikirimkan dari ahmadfauzi. 

Result mail

Hehehe selesai deh, panjang banget ya gan prosesnya kaya kereta :D Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf klo banyak yang masih kurang2 :)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar